Saluang, Alat Musik Tradisional Minangkabau

Saluang adalah alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari talang atau bambu kecil. Saluang sekilas terlihat seperti seruling, karena bentuk dan cara memainkannya hampir sama. Namun saluang memiliki keunikan bunyi dan ritme yang dapat mengingatkan para perantau akan suasana di negaranya.

Dilansir laman sumbarprov.go.id, alat musik tradisional ini tergolong seruling, hanya saja cara membuat dan memainkan saluangnya lebih rumit. Selain itu, secara etimologis nama saluang berasal dari nama seruling panjang yang merupakan alat musik pengiring musik Saluang jo Dendang-Saluang.

Awal dari Saluang. Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, asal muasal alat musik saluang Minangkabau memang menarik.

Maestro saluang Minangkabau Riyanto mengatakan, saluang berawal slot online 777 dari kebiasaan masyarakat Minang zaman dulu yang menggunakan pipa air untuk menyalakan api di kompor memasak dengan cara ditiup.

Saat ditiup, talang seringkali mengeluarkan bunyi khusus yaitu “luang, lagi”. Dari bunyi talang itulah dikembangkan alat musik tiup Minangkabau yang kini dikenal dengan nama saluang.

Dalam sejarah perkembangannya dikenal banyak jenis saluang yang tersebar di banyak daerah Minangkabau, seperti Saluang Darek, Saluang Sirompak, Saluang Pauh, Saluang Panjang, Saluang Sungai Pagu, dll.

Setiap jenis saluang mempunyai ciri khas tersendiri berdasarkan daerah tempat diciptakannya, melalui sistem musik yang berkembang.

Pada mulanya alat musik saluang berkembang di sekitar Gunung Singgalang dan menyebar ke Agam, Tanah Datar dan Limapuluh Kota (Luak nan Tigo).

Di luar negeri, saluang yang tumbuh di Luak Nan Tigo dikenal dengan nama Saluang Darek, terletak di kabupaten Singgalang dekat kaki Gunung Singgalang dan disebut juga Saluang Singgalang. Sallowang dengan benar di Minangkabau dan waktu dalam waktu, masing -masing area memiliki karakteristiknya sendiri.

Cara Membuat Salang Salaang adalah karangan bunga pembunuh atau selokan (Schizustachyum Brizalmic Kurz).

error: Content is protected !!