Mengenal Ciri Khas Suku Banjar beserta Kebudayaannya

Suku Banjar adalah sekelompok masyarakat yang tinggal di Kalimantan Selatan. Salah satu ciri khas Suku Banjar adalah sebutan Urang Banjar bagi diri mereka sendiri. Menurut Nurhasanah dan Jailani dalam Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, Suku Banjar memiliki beraneka ragam tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun, misalnya adalah tradisi ritual bepapai untuk pengantin. Lantas, apa saja ciri khas Suku Banjar lainnya? Yuk, cari tahu jawaban lengkapnya dalam artikel ini!

Ciri Khas Suku Banjar

Suku Banjar dikenal sebagai masyarakat yang telah melewati transisi kehidupan, baik dari segi budaya hingga keyakinan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa ciri khas Suku Banjar yang perlu kamu tahu.

1. Karakteristik

Masyarakat Banjar dikenal sebagai etnis yang ulet, kuat, serta rajin. Karakteristik ini diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya sejak dini. Selain itu, masyarakat Banjar juga pekerja keras, terutama dalam menggapai cita-cita. Uniknya, masyarakat Banjar memiliki keahlian sesuai dengan daerahnya. Sebut saja orang Amuntai yang memiliki kemampuan pembuatan furnitur.

2. Kepercayaan

Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa mayoritas kepercayaan masyarakat Banjar adalah Islam. Etnis Banjar mewajibkan setiap masyarakatnya untuk memahami rukun iman serta rukun Islam dan mengamalkannya.

3. Bahasa

Dalam berdialog sehari-hari, masyarakat Banjar memiliki bahasa daerah sendiri yang disebut dengan bahasa Banjar. Sejumlah kosa kata bahasa Banjar memiliki kemiripan dengan bahasa Jawa, Dayak, atau Melayu. Akibat banyaknya kata serapan dalam bahasa Melayu, akhirnya bahasa sehari-hari juga banyak berubah. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kepudaran ini, masyarakat setempat wajib menggunakannya saat pelaksanaan upacara adat.

4. Pakaian Adat

Masyarakat Banjar memiliki empat jenis pakaian adat, mulai judi bola terpercaya dari pakaian klasik bernama bagajah gaming baulur luput yang telah ada sejak zaman kerajaan Hindu dan baamar galung pancar matahari sebagai busana yang dikenal sejak masuknya agama Islam. Selain itu, ada pula baju babaju kun galung pacinan yang menjadi perpaduan antara adat Tiongkok dan Banjar serta terakhir adalah baju babaju kubaya panjang yang berbentuk kebaya sederhana.

5. Rumah Adat

Layaknya etnis lain, masyarakat Banjar juga memiliki rumah adat khas, yaitu Rumah Banjar. Ciri khasnya adalah arsitektur unik, berbentuk simetris dan dekorasi ornamental pada bagian atap. Jenis rumah yang paling dikenal adalah Bubungan Tinggi.

6. Kebudayaan

Sebagaimana dijelaskan dam pembahasan sebelumnya, masyarakat Banjar kaya akan budaya dan tradisi yang cenderung bersifat islami. Misalnya adalah tradisi Baayun Anak untuk memberkati seorang anak, aneka folklor, tarian daerah, musik tradisional panting, hingga tradisi ritual bepapai untuk tolak bala calon pengantin. Demikian informasi seputar ciri khas Suku Banjar yang beraneka ragam. Kini pengetahuanmu tentang salah satu etnis di Indonesia mulai bertambah, bukan?
error: Content is protected !!