Makanan Khas Pekalongan, Dijamin Bikin Ketagihan!

Tidak cuma tenar sebab batiknya, Pekalongan juga mempunyai beragam tempat liburan menarik yang bisa dijajal, termasuk makanan khasnya. Apa saja menu menarik yang jadi makanan khas Pekalongan?

Pekalongan terletak di trek Pantai Utara yang menghubungkan antara Jakarta – Semarang – Surabaya. Kota ini berjarak 101 km sebelah barat Kota Semarang dan 384 km sebelah timur Jakarta. Pekalongan tenar dengan julukan Kota Batik, sebab pengerjaan produksi batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu. Padahal tidak ada catatan resmi kapan batik mulai diketahui di Pekalongan, tetapi dikala ini batik menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Pekalongan. Kecuali itu, Pekalongan juga tenar dengan Festival Balon Udara yang umumnya digelar setiap pekan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Tidak heran jika hingga kini, Pekalongan menjadi salah satu destinasi liburan favorit. Apalagi cukup banyak tempat liburan di Pekalongan yang bisa dikunjungi, termasuk liburan alam dan liburan budaya. Bahkan, cukup banyak wisatawan yang datang ke kota ini sekadar untuk menikmati beragam makanan khas Pekalongan.

Makanan Khas Pekalongan

Kecuali menaruh segudang corak batik yang menarik, Pekalongan juga menaruh segudang masakan khas. Mulai dari makanan berat hingga camilan dengan beragam cita rasa yang menarik hati. Berikut ialah beberapa makanan khas Pekalongan yang patut dicicipi dikala berkunjung nanti.

1. Tauto

Setiap tempat di Indonesia mempunyai sajian sotonya masing-masing, tidak terkecuali dengan Pekalongan. Soto khas Pekalongan diketahui dengan nama tauto atau soto tauto. Bedanya dengan soto pada umumnya, tauto menerapkan bumbu tauco sehingga rasanya benar-benar unik. Tauto juga bisa dipersembahkan dengan topping seperti suiran daging ayam dan sayuran. Jikalau mau, anda juga bisa minta potongan usus dan kulit ayam goreng di dalam satu mangkuk tauto.

2. Sego Megono

Sego megono ialah salah satu makanan khas Jawa Tengah. Melainkan, Slot777 Gacor Pekalongan mempunyai sajian nasi megono-nya sendiri, ialah berupa nasi putih yang dicampur dengan sayur nangka muda yang sudah dipotong kecil-kecil dan dimasak terutama dahulu dengan bumbu khusus. Sebagai komplementer, nasi megono umumnya dipersembahkan bersama gorengan atau mendoan. Menu yang satu ini banyak dijadikan sebagai sarapan, sehingga cukup gampang menemukannya di pinggir jalan.

3. Pindang Tetel

Jikalau anda  menyukai tetelan sapi, jangan lewatkan sajian pindang tetel dikala berkunjung ke Pekalongan. Sekilas, makanan khas Pekalongan yang satu ini mirip rawon, sebab mempunyai kuah hitam yang berasal dari racikan bumbu dan kluwek. Bisa dipastikan, dengan beragam bumbu rempah yang diaplikasikan, pindang tetel mempunyai cita rasa yang kaya. Pastikan untuk menambahkan kripik aci warna warni sebagai komplementernya, ya!

4. Kluban

Merasa butuh asupan serat dikala di Pekalongan? Jangan lewatkan menu kluban khas Pekalongan. Kluban sendiri ialah bahasa Jawa yang artinya sayuran. Ada beberapa macam sayuran yang diaplikasikan untuk makanan khas Pekalongan yang satu ini, termasuk sayur bayam, tauge, kacang panjang, kangkung, dan kol. Di tempat lain, kluban juga diketahui dengan nama urap. Kluban umumnya dirasakan dengan saus pedas mentah, saus pedas tomat, atau saus pedas kacang sebagai komplementer.

5. Kripik Tahu

Jikalau mencari oleh-oleh khas Pekalongan untuk sanak saudara, anda bisa membawakannya kripik tahu. Kecuali namanya, kripik ini terbuat dari tahu yang diolah dengan menerapkan beragam bumbu yang membuat rasanya gurihnya semakin keluar.

Baca juga:
Daftar Makanan Khas Pemalang, Nasi Grombyang Salah Satunya

Makanan Khas Lombok, Rempahnya Kuat dan Rasanya Nampol Abis!

6. Lontong Lemprak

Lontong memang banyak ditemukan di beragam tempat, tetapi tidak dengan lontong lemprak yang cuma bisa ditemukan di Pekalongan. Makanan khas Pekalongan yang satu ini berupa sajian lontong yang dipadukan dengan ayam kampung goreng, lalu disiram dengan kuah kental berbumbu. Lemprak sendiri dalam bahasa Jawa berarti lesehan. Artinya, anda cuma bisa menikmati olahan lontong yang satu ini sembari duduk lesehan seperti orang Jawa kuno.

7. Cepret

Kecuali kripik tahu, cepret ialah makanan khas Pekalongan lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh masa kini. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung kanji yang diolah menerapkan bumbu khusus, sehingga citra rasanya benar-benar nikmat dan gurih. Kecuali formatnya yang tidak beraturan, sekilas, cepret kelihatan seperti cireng tetapi dengan rasa yang berbeda. Walau formatnya absurd, tetapi urusan rasa tidak perlu cemas sebab dijamin anda akan ketagihan memakannya.

8. Srintil

Pekalongan juga mempunyai camilan kuno yang tetap diburu oleh para pecinta masakan. Namanya Srintil, yang terbuat dari olahan tepung kanji dan gula merah sehingga rasanya gurih dan manis. Kecuali itu, teksturnya yang kenyal bisa membuat orang ketagihan dikala mencicipinya. Srintil umumnya diolah dengan menerapkan daun pandan sebagai penambah wangi-wangian. Sekilas, srintil mirip dengan ongol-ongol, tetapi bahan dasarnya berbeda. Jikalau ongol-ongol dijadikan menerapkan tepung sagu dan gula merah, sementara srintil terbuat dari olahan tepung kanji.

9. Iwel-iwel

Satu lagi jajanan tradisonal khas Pekalongan yang sayang untuk dilewatkan. Makanan yang disebut iwel-iwel ini terbuat dari beras ketan dengan isian serundeng dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan serupa lemper ini mempunyai cita rasa yang manis dan legit, sehingga pantas dijadikan camilan petang hari bersahabat teh hangat.

10. Kudapan Lumpang

Kudapan Lumpang juga menjadi salah satu makanan khas Pekalongan yang patut dicicipi. Rasanya legit dan gurih sebab terbuat dari areh atau santan kelapa. Rasanya pun semakin unik sebab umumnya dipersembahkan dengan daun bawang.

error: Content is protected !!