Makanan Khas Palu yang Wajib Dicoba, Es Palu Butung hingga Kerak Sagu!

Makanan khas Palu semestinya untuk dicoba jikalau Anda Rtp Slot berkunjung ke kota satu ini. Palu yaitu kota yang berlokasi di Sulawesi Tengah. Kecuali mempunyai bermacam-macam daerah tamasya dengan panorama cantik, Palu juga memberi tahu bermacam-macam masakan menarik hati yang betul-betul sayang untuk dilewatkan.

Sebagian makanan khas Palu sendiri tak berasal dari tempat itu sendiri. Tapi, ada perpaduan dari sebagian tempat di provinsi hal yang demikian yang bercampur sehingga menciptakan cita rasa khas.

Berikut daftar sebagian makanan khas Palu yang sedap dan semestinya dicoba dikabarkan dari situs dan beragam sumber

1.Kaledo

Makanan khas Palu pertama yang semestinya dicoba adalah Kaledo. Namanya yaitu singkatan dari Kaki lembu Donggala alias Kaledo. Dulunya, makanan ini yaitu hidangan kehormatan bagi para ningrat. Tapi, sekarang Kaledo telah dapat dirasakan oleh siapa saja.

Pembuatan kaledo sendiri dapat dibilang lumayan memakan waktu lama untuk menerima tekstur daging empuk. Kuah-nya terbuat dari kaldu sup dan tak mengaplikasikan santan sehingga mempunyai rasa segar.

Salah satu yang membuatnya unik ialah penerapan sedotan untuk merasakan sumsum tulang dan penerapan tambahan singkong atau ubi rebus ketika menikmatinya.

2.Kapurung

Kapurung yaitu makanan yang terbuat dari sagu yang dimasak dengan sistem diaduk mengaplikasikan air panas sampai mengental. Kemudian ditambahkan sebagian sayuran seperti bayam, kangkung, pakis, cincangan jantung pisang, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, Kapurung yaitu makanan khas Sulawesi Selatan, melainkan banyak juga ditemukan di Palu. Kapurung terbagi menjadi tiga macam menurut lauk-nya yakni Kapurung ikan palumara, Kapurung ayam, dan Kapurung udang.

Baca juga:

Mengenal Keberagaman Suku di Pulau Papua yang Unik

Suku-suku di Pulau Jawa yang Perlu Tahu, Dari Badui hingga Madura

3.Uta Dada

Mempunyai nama yang diambil dari bahasa Kaili, suku orisinil Palu, Uta Dada mempunyai arti kuah santan. Hidangan ini memberi tahu ayam atau ikan cakalang yang dimasak menggunaka kuah santan pedas.

Wewangian yang khas dari Uta Dada berasal dari pelaksanaan pembuatan-nya yakni dengan pembakaran atau pengasapan, teknik memasak inilah yang membuatnya digemari oleh pecinta masakan di Palu.

4. Es Palu Butung

Hidangan manis yang satu ini berbahan pisang jera atau pisang raja yang disantap bersama kuah santan gurih berwarna merah muda. Es palu butung juga seringkali disampaikan dengan es serut.

5. Kerak Sagu

Kerak sagu diwujudkan dari sagu yang dicampur kelapa parut lalu dimasak di atas panci yang sudah dikasih minyak. Di atasnya kemudian ditambahkan bahan lain seperti kocokan telor ayam dan bebek.

6. Sambal Ikan Roa

Kali dihasilkan sebagai oleh-oleh khas Palu, sambel ikan roa ini mempunyai cita rasa khas pedas dan gurih yang enak. Pedas ikan roa bisa dirasakan bersama jenis-jenis lauk dan sepiring nasi hangat.

7. Manis Paranggi

Terbuat dari campuran terigu, gula merah, minyak, dan soda kudapan manis, kudapan manis paranggi mempunyai wujud unik yakni separuh lingkaran. Penganan manis ini ialah makanan khas Palu yang pantas dihasilkan makanan ringan atu sahabat minum teh.

8. Labia Dange

Dalam bahasa Kaili, labia artinya sagu padahal dange mempunyai makna panggang. Labia dange ialah semacam kudapan manis berupa sagu panggang. Teksturnya renyah dan gurih, dan dimasak mengaplikasikan wajan dan tungku tanah liat. Ada labia dange dengan rasa manis dan juga asin cocok isinya.

error: Content is protected !!