Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

Indonesia terkenal akan keragaman budaya dan agen sbobet terpercaya kulinernya yang khas, salah satunya Makassar. Kota yang terdapat di pesisir barat kekuatan pulau Sulawesi ini punya aneka makanan khas bersama dengan cita rasa yang unik dan sudah pasti menggugah selera.

Penasaran apa saja makanan khas daerah Makassar yang kudu kamu coba? Berikut ulasannya.

Ragam makanan khas Makassar

Makanan khas Makassar selanjutnya ini bisa menjadi pilihan destinasi kulinermu sepanjang berada di Sulawesi Selatan:

1. Coto Makassar

Coto Makassar merupakan salah satu makanan khas Makassar yang benar-benar populer di server thailand slot. Makanan ini berbahan basic daging dan jeroan sapi. Biasanya disajikan bersama dengan ketupat dan sambal Tauco yang khas.

Makanan khas Makassar ini memanfaatkan segudang rempah sehingga menghasilkan makanan bercita rasa tinggi. Ada bermacam jenis bumbu lokal layaknya kacang, lengkuas, serai, jahe, daun salam, ketumbar, dan lainnya.

Bagi penikmat Coto seringkali risau mengenai kolesterol selagi mengkonsumsinya. Jangan salah, bumbu yang digunakan terhadap resep Coto Makassar ternyata berfungsi sebagai penawar zat yang terdapat dalam hati, babat, jantung, dan limpah sapi terhitung kolesterol. Tentunya jika mengkonsumsinya secara tidak berlebihan.

2. Makanan Khas Makassar Sop Konro

Sop Konro terhitung menjadi salah satu makanan khas Makassar yang cukup banyak dikenal. Konro merupakan masakan sup iga sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan bersama dengan burasa atau ketupat.

Makanan khas Makassar ini digemari banyak orang. Iga sapinya punya tekstur yang empuk. Sementara kuahnya perpaduan gurih asam, dan pedas bisa mengakibatkan penikmatnya ketagihan.

3. Mi titi

Mi titi adalah sajian mi kuning kering khas Makassar yang disiram bersama dengan kuah kental campuran tepung kanji.

Untuk tingkatkan cita rasa gurih dari mi dan kuah kental, mi titi disajikan bersama dengan irisan daging ayam, sapi, dan aneka seafood dan juga sayuran sebagai pelengkapnya.

Baca juga:

Makanan Khas Sulawesi Tengah, Mau Coba?

Tari Nandak Ganjen, Penggambaran Gadis Belia Yang Beranjak Dewasa

4. Jalangkote

Jalangkote merupakan makanan gampang yang punya bentuk mirip bersama dengan pastel. Kulit dari jalangkote cukup tipis sehingga rasanya krispi di luar.

Isian jalangkote berwujud campuran dari irisan wortel, kentang, taoge, telur, bihun, atau mi, tetapi langkah makannya dicocol ke sambal cuka bersama dengan potongan cabe dan bawang.

5. Sop saudara

Sop saudara merupakan makanan khas daerah Makassar yang berasal dari Kabupaten Pangkep.  Makanan tradisional ini terdiri dari daging dan paru sapi, bihun, dan kentang. Sop saudara tidak lengkap jika tidak disajikan bersama dengan ikan bakar, telur rebus, dan nasi putih hangat.

Tentunya, makanan ini akan jadi mengakibatkan lidah kamu bergoyang bersama dengan tambahan saus kacang pedas dan irisan mentimun.

6. Es pisang ijo

Makanan khas Makassar lainnya yang terhitung kudu kamu cobalah adalah es pisang ijo. Hidangan ini terdiri dari pisang yang dibalut bersama dengan adonan berwarna hijau, sirup merah, kuah vla putih yang manis, dan sudah pasti es batu.

Makanan ini benar-benar sesuai menjadi hidangan penutup yang lembut dan manis dan juga menyegarkan.

7. Pallubasa

Pallubasa adalah makanan khas Makassar yang terhitung berbahan basic daging. Pallubasa hampir mirip bersama dengan Coto Makassar, yang disajikan bersama dengan irisan daging dan jeroan sapi.

Proses memasaknya pun hampir mirip bersama dengan Coto Makassar, yakni direbus dalam selagi lama. Selain itu terhitung Pallubasa terhitung dibuat bersama dengan bermacam bumbu rempah yang menguatkan rasa.

Pembeda dari Pallubasa dan Coto Makassar terdapat terhadap lebih dari satu bumbu. Terutama yakni kelapa parut yang disangrai dan dihaluskan. Selain itu, jika Coto Makassar persis disajikan bersama dengan ketupat, Pallubasa kebanyakan disajikan bersama https://standwithtanisha.com/ dengan sepiring nasi putih.

error: Content is protected !!