Kesenian Berikut Yang Tidak Termasuk Drama Tradisional Adalah

Kesenian Indonesia memang memiliki banyak ragam dan ciri khas yang berbeda-beda dari daerah ke daerah. Salah satunya adalah drama tradisional, yang sering dianggap sebagai wujud bentuk seni paling otentik dan mendalam di Indonesia. Drama tradisional ini biasa dipentaskan dalam bentuk tari, musik, dan dialog yang diambil dari cerita atau mitologi khas daerah tertentu. Namun, ada beberapa jenis kesenian Indonesia yang sering keliru dianggap sebagai drama tradisional, padahal sebenarnya tidak termasuk ke dalam kategori tersebut. Berikut adalah beberapa jenis kesenian Indonesia yang sering keliru dianggap sebagai drama tradisional.

Balap Karung

Balap Karung memang memiliki unsur kompetisi seperti drama tradisional pada umumnya. Tapi, Balap Karung lebih masuk ke dalam kategori permainan tradisional, yang biasanya dimainkan pada acara-acara perayaan atau festival. Selain itu, Balap Karung juga lebih mengedepankan unsur fisik dan olahraga dibandingkan seni dan cerita. Seiring perkembangan zaman, Balap Karung pun mulai jarang dimainkan dan digantikan oleh permainan modern slot online yang lebih praktis.

Gamelan Sekaten

Gamelan Sekaten memang biasanya dipentaskan dengan pakaian adat dan alat musik tradisional, seperti drama tradisional pada umumnya. Namun, Gamelan Sekaten lebih masuk ke dalam kategori seni musik tradisional, yang biasa dimainkan pada acara peringatan Maulid Nabi dan menyambut bulan Suro. Selain itu, Gamelan Sekaten juga diiringi oleh ritual dan doa yang khas, yang biasanya disampaikan oleh ulama atau kyai di lingkungan setempat. Seiring perkembangan zaman, Gamelan Sekaten pun tetap dipertahankan dan bahkan mulai populer di kalangan anak muda.

Meskipun tidak termasuk ke dalam kategori drama tradisional, Balap Karung dan Gamelan Sekaten masih menjadi bagian penting dari seni dan budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Kesenian Tradisional yang Masih Ditampilkan dan Dihargai

Menjaga dan memperkenalkan kesenian tradisional tentunya menjadi tugas seluruh rakyat Indonesia. Bahkan, beberapa kesenian tradisional masih terus digemari dan ditampilkan di berbagai acara, seperti sebagai berikut.

Nama Kesenian Asal Daerah Deskripsi

Wayang Kulit Jawa Kesenian yang menggunakan wayang dalam cerita dongeng atau mitologi Jawa
Tari Piring Sumatra Barat Kesenian yang mengombinasikan gerakan tari dan piring sebagai properti utama
Gamelan Bali Bali Kesenian musik yang menggunakan alat musik khas Bali, seperti gender, saron, dan kendang

Kesenian di atas merupakan contoh kesenian tradisional yang masih sangat populer di Indonesia maupun di luar negeri. Meskipun mungkin teknologi dan perkembangan zaman semakin berkembang, kesenian tradisional Indonesia perlu terus dijaga dan dilestarikan agar generasi muda juga dapat mengenal dan melestarikan kesenian tersebut untuk masa depan.

Baca Juga : https://plengdut.com/teknik-yang-digunakan-untuk-membuat-reklame-visual-adalah/

error: Content is protected !!