Alat Musik Jawa Timur Terpopuler

Seperti hal daerah lainnya di Indonesia, Jawa Timur punya ragam alat musik tradisional bersama dengan bunyi yang khas. Jika di Jawa Tengah alat musik tradisional kerap dimainkan dalam pertunjukan gamelan, di provinsi bagian Timur pulau Jawa biasanya digunakan untuk mengiringi tari-tarian.

Untuk lebih mengenal ragam alat musik berasal dari daerah-daerah Jawa Timur, mari simak ulasan lengkapnya!

1. Bonang Babok

Kalau diperhatikan, bentuknya mirip-mirip gamelan, ya, Bunda. Alat musik ini namanya Bonang Babok, dan merupakan alat musik tradisional Jawa Timur berbentuk pencu. Pencu pada Bonang Babok terdiri berasal dari 10-14 dalam satu sarancak boning bogopapua atau perangkat. Pembeda lainnya berasal dari Gamelan adalah, pada bagian sedang bonang terkandung poros berbentuk cembung yang sanggup dipukul manfaatkan tongkat atau alat pemukul spesifik yang disebut bindhi.

Umumnya Bonang digunakan untuk memperingati upacara rutinitas setempat. Ada dua model alat musik yang terbuat berasal dari logam kuningan ini, yakni Bonang Barung dan Bonang Penerus.

2. Ketipung, Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Ketipung merupakan alat musik tradisional Jawa Timur yang bentuknya menyerupai Kendang atau Gendang. Memang mirip, namun tidak sama, dan juga bentuk Ketipung lebih kecil, terbuat berasal dari kayu dan punya lubang berukuran 20 – 40 cm –atau terkait berasal dari permintaan sang pembuat.

3. Angklung Reog

Alat musik Jawa Timur ini biasa digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan Reog Ponorogo. Ada hiasan benang berumbai pada angklung tersebut. Alat musik ini terbuat berasal dari bambu. Cara memainkannya bersama dengan menggoyangkan angklung tersebut.

Baca juga:

Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Sulawesi Tengah, Mau Coba?

4. Saronen

Alat musik Jawa Timur ini berasal berasal dari Madura. Alat musik ini terbuat berasal dari kayu jati yang dibentuk memanjang lebih kurang 40 cm dan punya 7 lubang. Pada Saronen tersedia bagian untuk ditiup yang terbuat berasal dari daun aren. Yang dilengkapi bersama dengan tempurung kelapa yang dibentuk seperti kumis.

5. Selompret

Selompret adalah alat musik tradisional berasal dari Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Jika menyaksikan bentuknya, tentu familiar bersama dengan alat musik terompet. Bukan tanpa sebab, ternyata kehadiran alat musik ini terpengaruh oleh budaya Eropa, terutama terompet. Meskipun langkah memainkannya mirip bersama dengan terompet, selompret dibuat berasal dari bahan yang berbeda. Alat musik ini terdiri berasal dari kayu, aluminium, dan bagian atasnya terbuat dari batok kelapa.

error: Content is protected !!