6 Makanan Khas Brebes yang Unik dan Nikmat

Brebes adalah kabupaten yang kondang sebagai tempat wisata kuliner favorit di Jawa Tengah. Pasalnya, makanan khas Brebes punyai cita rasa tersendiri yang tidak dapat ditemukan di kota-kota lain. Maka dari itu, menu kuliner dari Brebes kudu masuk ke dalam daftar makanan yang kudu kamu coba. Misalnya, layaknya Soto Brebes yang kelezatannya sudah tidak kudu diragukan lagi.

Rekomendasi Makanan Khas Brebes

Selain soto Brebes, masih tersedia bermacam menu makanan lainnya. Berikut makanan khas Brebes bersama dengan cita rasa unik dan nikmat.

1. Sate Blengong

Menurut buku Makanan Khas Jawa Tengah oleh Prasita Puspita Sari (2020), sate Blengong adalah kudapan yang terlampau kondang dan enteng ditemukan di Brebes. Karena itu, makanan ini jadi favorit wisatawan sejak dulu.
Kalau dicermati sekilas, kudapan ini sama layaknya sate yang lainnya. Hanya saja ukuranĀ https://www.michaellanning.com/ sate Blengong lebih panjang. Selain itu, bahan utama yang terdiri dari daging mentok dan bebek supaya dapat membuahkan cita rasa yang terlampau unik dan khas di lidah.

2. Kepiting Soka

Kepiting soka jadi makanan khas Brebes yang kudu dicoba oleh para pengagum olahan seafood. Makanan ini terbuat dari kepiting yang dimasak hingga cangkangnya lunak sesudah itu digabungkan bersama dengan saus pedas serta rempah-rempah yang khas.
Selain daging dan cangkang yang empuk, kepiting soka terhitung kondang membawa banyak pilihan rasa. Mulai dari asam manis, rica-rica, hingga bumbu rendang pun ada!

Baca juga:

Makanan Khas Sunda yang Populer, Ada Favoritmu?

Makanan Khas Banten, Unik dan Lezat!

3. Rujak Belut

Biasanya rujak terbuat dari potongan buah atau cingur, namun di Brebes rujak justru menggunakan belut sebagai bahan utamanya. Perpaduan pada daging belut yang gurih bersama dengan bumbu rujak mengakibatkan rasanya terlampau istimewa.
Makanan yang satu ini dipercaya sudah berusia puluhan tahun bersama dengan resep yang dipelihara secara turun temurun supaya cita rasanya tidak dapat ditemukan di kota lain.

4. Soto Batok Brebes

Jika kamu bahagia makanan yang berkuah, soto batok Brebes dapat jadi pilihan utama. Seperti namanya, makanan ini dihidangkan bersama dengan batok kelapa yang dapat menguatkan cita rasa sotonya. Sementara untuk sotonya menggunakan bahan yang sama bersama dengan soto pada umumnya. Hanya saja, soto batok membawa kuah yang bening bersama dengan isian telur rebus, ayam suwir, kentang, serta jeroan ayam.

5. Kupat Glabed

Kupat glabed adalah makanan khas Brebes yang terbuat dari daun pepaya muda serta santan kuning. Santan kuning ini adalah santan kelapa yang dicampur kunyit supaya warnanya kuning layaknya kuah opor.
Ciri khas kupat glabed adalah potongan daging sapi yang sama layaknya dadu bersama dengan cita rasa manis dan gurih. Makanan yang satu ini umumnya dihidangkan bersama dengan taburan bawang goreng untuk mengakibatkan rasanya makin lama nikmat.

6. Kerupuk Tulang Bandeng

Terakhir tersedia kerupuk tulang bandeng yang terbuat dari tulang ikan bandeng. Tulang ikan bandeng ini sesudah itu diolah bersama dengan langkah khusus supaya jadi kudapan yang gurih dan enak. Biasanya kerupuk ini dijadikan camilan teman enjoy maupun lauk oleh masyarakat Brebes.

error: Content is protected !!