Indah dan Menawan, 3 Suku di Indonesia Ini Miliki Mata Biru Layaknya Orang Eropa

Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, maka tidak heran jika Indonesia dijuluki sebagai ‘Negara Seribu Kepulauan’

Dari berbagai macam pulau yang ada, tentunya Indonesia memiliki berbagai macam suku, bahasa, agama, budaya, adat istiadat, bahkan kekayaan alam yang melimpah.

Selain memiliki suku yang berbeda-beda, tentunya juga memiliki ciri khasnya masing-masing.

Nah berikut kami sajikan 3 Suku di Indonesia yang bermata biru, bahkan keunikan tersebut tidak akan di jumpai dari suku lain. Simak ya!

3 suku asli Indonesia bermata biru

Tapi tahukah kamu bahwa ada 3 suku asli mahjong ways 3 Indonesia yang memiliki ciri fisik seperti bule. Bahkan bagi rakyat asli Indonesia, ciri fisik mereka terlihat unik karena memiliki mata berwarna biru.

Tiga suku di Indonesia yang memiliki mata biru yakni Suku Lamno di Aceh, suku Buton di Sulawesi Tenggara dan suku Lingon di Maluku. Yuk simak bersama penjelasan mengenai 3 suku berikut ini.

1. Suku Lamno

Warga Desa Lamno sebagian besar bermata biru, berkulit putih, berhidung mancung dan berpostur tinggi seperti orang Eropa. Suku Lamno disebut anak cucu bangsa Portugis.

Mereka merupakan hasil kawin campur dengan penduduk setempat pada zaman dahulu.

Saat itu banyak orang Portugis yang berdagang di Aceh dan menikahi penduduk asli. Namun bencana tsunami Aceh pada 2004 nyaris membuat punah warga keturunan Portugis di Lamno.

2. Suku Buton

Masyarakat Suku Buton memiliki mata biru terang dan berkulit cokelat. Mata biru dari Suku Buton disebabkan kelainan genetik langka yang disebut Waardenburg Syndrome.

Fakta lain menyebutkan bahwa Suku Buton memiliki mata biru karena hasil perkawinan silang dengan bangsa asing yakni Portugis.

3. Suku Lingon

Suku Liongon berada di pedalaman Halmahera. Banyak di antara warga suku Lion yang memiliki mata biru dan berkulit putih.

Menurut cerita yang beredar, sekitar 300 tahun silam pernah ada sebuah kapal dari Eropa tenggelam di dekat perairan Halmahera.

Sebagian penumpang yang selamat akhirnya membangun pemukiman di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur sehingga menjadi komunitas yang disebut Lingon Tribe atau Suku Lingon.

Itulah 3 suku asli Indonesia yang memiliki mata biru seperti bule. Informasi ini bisa menambah wawasan kamu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa dan keunikannya masing-masing.

Jadi kamu harus bangga jadi warga Indonesia dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki ragam suku dari Sabang hingga Merauke. Bahkan beberapa di antaranya memiliki keunikan tersendiri.

Umumnya, warna mata orang Indonesia adalah coklat gelap dan hitam. Namun, tidak untuk tiga suku di Indonesia berikut ini yang memiliki mata berwarna biru sejak lahir. Penasaran? Melansir dari berbagai sumber, simak infonya berikut ini, yuk!

Suku Lingon

Suku Lingon terletak di pedalaman Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Suku ini dikenal karena memiliki ciri fisik seperti ras Kaukasia, yakni berkulit putih, berambut pirang, dan bermata biru. Berbeda dengan suku-suku lain di Indonesia yang berkulit coklat, bermata coklat kehitaman, dan berambut hitam.

Asal mula Suku Lingon berawal dari karamnya sebuah kapal asal Eropa di sekitar Halmahera. Karena harus bertahan hidup, orang-orang kapal pun memutuskan untuk menetap di pedalaman hutan dan membentuk koloni sendiri, yaitu Lingon. Mereka pun melupakan asal-usulnya dan menyesuaikan diri.

Menurut masyarakat sekitar, karena kecantikan perempuan Suku Lingon, mereka pernah diculik suku lain untuk dijadikan istri. Selain itu, ada kabar yang mengatakan bahwa Suku Lingon sengaja menjauh agar kehidupan mereka tidak diusik.

Suku Buton

Suku Buton terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Suku Buton dikenal memiliki mata berwarna biru terang dengan kulit berwarna coklat.

Berdasarkan Pacific Press Agency, mata biru Suku Buton diturunkan dari nenek moyang mereka yang disebabkan oleh Sindrom Waardenburg, yakni kelainan langka yang menyebabkan mata berwarna biru dan kemerahan. Ciri khas utama Sindrom Waardenburg adalah warna mata yang berbeda satu sama lain, seperti halnya Suku Buton. Biasanya, sindrom ini dialami 1 dari 42 ribu orang. Unik dan menawan, ya, Beauties!

Masyarakat Desa Lamno

Terletak di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, masyarakat Desa Lamno dikenal memiliki ciri fisik seperti orang Eropa dan berbeda dengan warga Aceh kebanyakan. Masyarakat Desa Lamno memiliki postur tubuh tinggi, berkulit putih, hidung mancung, dan mata biru seperti ras Kaukasia.

Kabarnya hal ini berawal dari banyaknya orang Portugis yang berdagang di Aceh dan menikahi penduduk asli hingga memiliki keturunan. Namun, bencana tsunami tahun 2004 silam hampir membuat punah masyarakat keturunan Portugis di Desa Lamno.

Itulah tiga suku di Indonesia yang memiliki mata berwarna biru layaknya orang Eropa. Saat ini, keberadaan mereka memang cukup sulit untuk ditemui. Sangat unik dan menawan, ya, Beauties?

Baca Juga : https://plengdut.com/3-suku-asli-indonesia-ini-miliki-mata-berwarna-biru-emang-ada/

error: Content is protected !!